CETAK MURAH & CEPAT | Praktis, Hemat Waktu & Biaya.
Email: bekasiprinting@yahoo.com | YM: bekasiprinting | T: @BKSPrinting
WorkShop: Jl. Lapangan Bekasi Tengah No 16 RT.05/07 Bekasi Timur 17113
Telp: +62 21 60610508 SMS/WA: +62 812 8222 0341 PinBB: 59C5DA44

AdSense

Proses Percetakan Teknik Offset

Mesin Cetak Offset
Mesin Cetak Offset

Proses cetak dengan teknik offset pada dasarnya sama dengan proses cetak sablon, yaitu :

1. Tahap Pracetak (prepress)
- Membuat disain cetak (setting sendiri atau menggunakan jasa tukang setting), misalnya kop surat, kartu undangan, dll.
- Selanjutnya disain tadi dibuat master (rekam master) ke tukang master.
- Jika mau dicetak dalam jumlah besar, disain tadi harus dibuat film (repro film) terlebih dahulu kemudian di-expose ke plat. Sebagai illustrasi, kalau kop surat mau dicetak 5 rim cukup menggunakan master, tapi kalau mau dicetak 10 rim ke atas, maka sebaiknya menggunakan plat. Kekuatan cetak master lebih kecil dari pada plat.
2. Tahap Produksi
Setelah disain dibuat master atau plat, proses selanjutnya masuk ke tahap produksi untuk diperbanyak. Jika belum memiliki mesin cetak sendiri, gunakan jasa percetakan (yang memiliki mesin cetak) yang bisa melayani ongkos cetak (istilahnya numpang cetak). Setiap percetakan yang memiliki mesin cetak biasanya melayani ongkos cetak. Gambarannya, untuk cetak 10 rim kop surat satu warna dikenakan biaya sekitar 25.000,- cukup murah.
Catatan : Disain/naskah cetakan dikoreksi kembali sebelum dicetak. Tinggalkan contoh cetakan atau naskah kepada tukang cetak untuk mengantisipasi kerusakan master.

3. Tahap finising
Pada tahap ini sama seperti pada proses cetak sablon.

TEKNOLOGI CTP
Teknologi CTP (Computer To Plate) adalah perkembangan teknologi dunia grafika yang menghemat atau mengurangi tahapan proses pracetak. Tidak hanya menghemat waktu, tapi juga menghemat biaya. Selama ini, jika kita ingin meng-ekspose naskah ke plat terlebih dahulu dibuat film. Dengan teknologi CTP, naskah atau disain tidak perlu dibuat film, cukup di-copy ke CD atau flashdisk kemudian langsung di-print menjadi plat melalui mesin print plat.

Walaupun teknologi ini terbilang baru, dari segi kualitas, teknologi ini tidak kalah bahkan lebih unggul dibandingkan dengan teknologi sebelumnya dengan tingkat kesalahan relatif lebih kecil. Koreksi naskah lebih detil dan mudah dibandingkan dengan menggunakan film. Ukuran platpun meliputi hampir semua jenis mesin cetak, Toko, GTO, Oliver, SOR-M, dll.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment


PASANG IKLAN DISINI, MURAH MERIAH, PROMOSI ANDA BERLAKU SEPANJANG TAHUN

Ą